Saturday, November 24, 2012

mutu pendidikan era internet

MUTU PENDIDIKAN ERA INTERNET 

 Oleh  
Anwari WMK  

APA yang musti dikatakan setelah tersingkap fakta bahwa Indonesia merupakan negara terbesar keempat di kawasan Asia dalam hal penggunaan internet? Indonesia masuk dalam cakupan the big four di Asia dalam konteks internet. Cina merupakan negara terbesar pertama pengguna internet, nomor dua dan nomor tiga diduduki India dan Jepang. Di belakang Indonesia, negara-negara yang tergolong aktif berinternet adalah Korea Selatan, Vietnam, Filipina, Pakistan, Thailand, dan Malaysia. Fakta itu dikemukakan oleh Sekretaris Dirjen KIP Kementerian Komunikasi dan Informasi Ismail Ciwadu di Medan, Sumatra Utara, Sabtu, 17 November 2012.

laut dalam teropong pendidikan

 LAUT DALAM TEROPONG PENDIDIKAN

Oleh 
 Anwari WMK

LAPORAN hasil penelitian yang dilansir oleh Badan Informal Geospasial menunjukkan, bahwa kenaikan permukaan air laut di Indonesia mencapai 2,8 milimeter per tahun. Berlangsung selama satu tahun, penelitian tersebut fokus pada apa yang disebut “perubahan permukaan air laut di seluruh wilayah perairan Indonesia”.

antara guru dan kurikulum

ANTARA GURU DAN KURIKULUM

Oleh  
Anwari WMK  

SAMPAI kapanpun, kurikulum hanyalah alat. Sehebat apapun kurikulum, tak berarti apa-apa jika guru tak bermutu. Di tangan guru yang pragmatis dan serampangan, kurikulum bermetamorfosis menjadi ornamen mati, sekedar pelengkap formal proses edukasi. Sebaliknya di tangan guru bermutu, kurikulum yang bagus menghasilkan format pembelajaran yang dahsyat. Itulah mengapa, pembaharuan kurikulum mutlak mempertimbangkan kualitas guru.

Friday, November 23, 2012

kurikulum pendidikan sma

KURIKULUM PENDIDIKAN SMA

Oleh  
Anwari WMK

HINGGA November 2012 belum jua ada kepastian, bagaimana sebaiknya format kurikulum Sekolah Menengah Atas (SMA) dirombak dan dikonstruksi ulang. Sebagaimana diketahui, kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah merancang kurikulum baru yang dicanangkan berlaku mulai tahun ajaran 2013/2014.  Khusus untuk jenjang pendidikan SMA, pertanyaan hepotetik yang muncul ke permukaan adalah ini: Masih relevankah penjujurusan di SMA manakala dinamika pendidikan diteropong dengan mengacu pada semangat zaman abad 21 yang diwarnai oleh revolusi ilmu pengetahuan? Hingga tinjauan ini ditulis, belum ada jawaban pasti terhadap pertanyaan tersebut. Kemendikbud tampak gamang meletakkan suatu cetak biru kurikulum pendidikan SMA dalam kaitannya dengan keberadaan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuaan Sosial (IPS), dan Bahasa.